Construction
Business Enviroment
Goal
(tujuan melakukan bisnis) ------> untuk
mendapatkan profit dan groeth dari perusahaan itu sendiri.
Process
----> mengerjakan project
Chalellenge
/ Threats ----> competition. Pada bisnis konstruksi yang menjadi kompetitor
tak hanya kontraktor saja, tetapi client juga menjadi kompetitor. Ancamannya
apabila tidak bisa memelihara client maka client akan lari.
Marketing
Marketing
---> tujuannya memberi tahu kepada
masyarakat ataupun calon-calon client seberapa bagus produk yang akan dijual
dan bahkan mampu merubah presepsi dari si calon pembeli tersebut yang awalnya
tidak butuh menjadi ingin membeli.
Tugas
seorang marketer:
·
Menjelaskan
apa yang dijual
·
Menyakinkan
produk tersebut di transfer dan di bayar.
Menurut
beberapa pendapat ahli mengenai marketing:
“Pada
tingkat dasar, marketing adalah cara memahami calon customer, dan membangun
hubungan dan memeliha hubungan dengan mereka” (marketing inside group)
“Sasaran
dari marketing adalah memahami customer dengan baik, sehingga barang tersebut
cocok dengan dirinya” (Peter F Drucer).
Sales:
adalah perubahan nilai ekonomi dalam 1 entitas
Marketing
Research
“Go
to where the market is going, Not where it has been RMM (rearview mirror marketing) faktor”. Artinya
melakukan market research adalah untuk melihat ke depan.
·
Marketing
research menghubungkan calon customer dengan pemasar melalui pertukaran
informasi.
·
Marketing
research digunakan untuk
mengidentifikasi dan mendefinisikan kesempatan pemasaran (menciptakan market).
Doing
Marketing Research
Research
dapat dilakukan secara quantitatif berupa data-data analisis, dan juga
kualitatif berupa opini oriented.
·
Primary
Research
Yaitu
melakukan sendiri researchnya. Melalui divisi yang ada di perusahaan, atau
minta bantuan melalui universitas.
·
Secondary
Research
Meminta
bantuan pada pihak lain lain researchnya. Contoh: data dari bps (melihat trend
berapa banyak industri konstruksi kalau di bagi berdasarkan resedential,
building dan infrastruktur lain, lihat di wilayah tertentu, berapa banyak saingannya dapat ditanyakan pada LPJK
berapa banjak kontraktor yang mendirikan BUJK di daerah tersebut, dan pa
klasifikasinya).
Primary Research
|
Secondary Research
|
||
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Keandalannya tinggi
|
mahal
|
Biaya murah
|
Tidak spesifik
|
Informasi milik sendiri
|
Butuh waktu lama
|
Sudah tersedia
|
Telalu general
|
Fokus
|
Butuh pengalaman dan
skill
|
Sudah tersedia
|
Berpotensi salah
|
Pasarnya spesifik
|
Butuh konsultan
|
Fokus
|
Terlalu banyak data
|
Membangun citra
perusahaan
|
|
Issu Specific
|
Variable bisa berubah
|
|
|
|
|
Mengukur
Keberhasilan Marketing Research
Marketing
adalah jendela perusahaan.
·
Hit
Rate (mengukur tingkat keberhasilan pemasaran)
Contoh:
Total
market = projects won + projects lost
Menang
= 5 kali
Total
project yang di bid = 20.
Hit
rate = 5/20 = 25%
·
Market
Share
Total
penjualan yang diukur berdasarkan ukuran dan daerah.
·
Customer
Satisfaction
Rating
secara keseluruhan yang client rasakan dengan perusahaan. Diukur dari adanya
repeat order. Merupakan faktor penting untuk merefleksikan long term
sustainable client. Faktor penting untuk memperluas market yaitu dari referal
reputation.
Marketing
in Company Strategic Planning
Menggunakan
SWOT Analysis:
SWOT
adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan
(strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman
(threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah
yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).
SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas
besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.
Proses
ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek
dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang
tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan
cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya,
kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah
bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari
peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan
(weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)
yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman
(threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan
(weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau
menciptakan sebuah ancaman baru.
Marketing
Business Plan
Marketing
Segment Analysis:
·
Pengalaman
dan Rekam jejak performa
·
Trend
Pasar (apa perkembangannya di awal, atau sudah mature)
·
Client
Analysis (Siapa yang beli? siapa yang mau membayar? Apa yang client butuhkan?)
·
Competitive
Analysis (Siapa kompetitor?)
·
Networking/Affiliation
(Perusahaan apa saja yang terlibat, siapa saja supplier yang membackup usaha
tersebut)
Marketing
Strategy
|
Market-Driven
Marketing
|
Client-Driven
Marketing
|
|
Response
to one market segmen. Melihat dari pasarnyanya, sifatnya umum.
|
Focused
on client
|
Structure
|
Staff
to specialized area
|
Staff
and structure is formed to meet individual client’s need
|
Research
|
Focused
on market trends
|
Focused
on client’s business
|
Client
Viability
|
Limited
research in specific client
|
In
depth research in each client. Focused kepada client maunya apa
|
Networking
with client
|
Mostly
from trade association/ organization in specialized market
|
Commonly
unique for each client
|
Database
|
Basic
client information, depth of market information
|
Excentive
client information, including market information.
|
Penetration
|
Market
penetration though tailor services
|
Client
penetration through specialized approach, customized research
|
Marketing
Costs
|
Cost
saving from volume
|
High
one to one to each client marketing cost
|
Value
Pricing
|
Opportunity
to sell specialization, quality and service
|
Opportunity
to sell continuous relathionship, speed, services.
|
Value
Delivery
|
Possible
new form of alliance (DB, TK)
|
Knowloedge
about the client’s organization and operation.
|
Value
Services
|
Knowledge
about the market segment allow for transferable service to other client
|
Knowledge
about the client enable for better services for client’s future needs
|
Marketing
Tool
·
Direct
promotion ---> one to one meeting
·
Showcase/trade
show
·
Public
Advertisement
·
Yellow
Pages
·
Company
sponsorship
·
TV/Radio
Broadcasting
·
Banner --> internet
·
Website
Marketing
Tool – Digital Era
1.
Content
Marketing
2.
SEO
3.
Engaging
Website
4.
Email
Marketing
5.
Sosmed
6.
PPC
Marketing
– Production
Substansial
marketer adalah: orang yang terlibat hand to hand dengan client. Dari awal
memasarkan product hingga product itu di deliver kepada client. Contract
merupakan overlaping marketing dan production. Marketing di akhir process harus
meyakinkan bahwa product yang di deliver sesuali dengan yang dijanjikan di
awal.
Construction
Market Research
Market
Research for Business Planning
Market
Information
tau
keunggulan product dibanding competitor lain.
Market
Sementasi
Market
Trends
Apakah
pasar yang dimasuki trendnya di posisi mana.
Positiong
Menempatkan
posisi dimana, pasar publik atau privat.
Marketing
Mix
Mencampurkan
berbagai aspek dalam pemasaran.
1.
Product
(apakah sudah ada demand?, ada saingan? Bagaimana memenangkan persaingan, atau
create demand)
2.
Price
(Ada barang dan ada harga)
3.
Promotion
(Jenis marketeing apa yang cocok, marketing yang bisa melewati batas spasial
dsb, contohnya penggunaan BIM dan virtual reality sebagai alat promosi pada
calon clients)
4.
Place
Market
Research
Macro
Environment
·
Economy
·
Government
·
Laws
·
Technology
·
Ecology
Consumer
Analysis or Marketing Research
·
Nature
of buying decision
·
Potential
buyers
·
Motivation
and expectation
·
Demographics
·
Loyalty
segments
Market
Analysis dan Competitor Analysis
·
Market
definition
·
Market
Size
·
Market
Segmentation
·
Industry
Structure
·
Supply
Chain
·
Competition
and Market Share
·
Competitors
strength and weaknesses
·
Market
trend
Developing
Marketing Stretegy
1.
Identify
Your Goal : apa yang ingin bisnis Anda capai dalam jangka pendek dan panjang.
Ini mungkin termasuk angka penjualan spesifik tetapi juga mempertimbangkan
faktor-faktor seperti meningkatkan branding dan kehadiran Anda di media sosial
2.
Market
research and identifying your customers : Pelajari sebanyak mungkin tentang
target pelanggan Anda. Siapa mereka dan apa yang mereka inginkan dan butuhkan?.
3.
Competitor
analysis : apa yang dilakukan pesaing Anda dalam hal pemasaran? Produk apa yang
mereka jual dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pelanggan mereka?.
4.
Identify
your unique selling proposition : apa yang Anda lakukan yang membuat Anda
menjadi pilihan yang lebih baik daripada pesan merek Anda.
5.
Choose
your marketing channels: Sebagian besar bisnis memilih perpaduan strategi
online dan offline. Sekali lagi ini adalah untuk memahami audiens Anda - di
mana mereka menghabiskan waktu mereka? Platform apa yang cenderung lebih mereka
percayai?.
6 Steps
of Construction Marketing Plan
Step
|
|
|
1
|
Determine
Objective
|
Increase
market share or profit growth
|
2
|
Perform
SWOT Analysis
|
a.
A
result you want to achieve
b.
An
anaysis of areas that you see as potetial avenues for new markets or
strenghtening current markets.
|
3
|
Analyse
Current Market
|
Where
is your position in the market ? What is your strength?
|
4
|
Create
Marketing Budget
|
For
what and how much
|
5
|
Develop
Strategy
|
Marketing
mix
|
6
|
Monitor
Result
|
Monitor
revenue, share
|
No comments:
Post a Comment