Friday, November 15, 2019

Construction Business Enviroment

Construction Business Enviroment
Goal (tujuan melakukan bisnis) ------> untuk  mendapatkan profit dan groeth dari perusahaan itu sendiri.
Process ----> mengerjakan project
Chalellenge / Threats ----> competition. Pada bisnis konstruksi yang menjadi kompetitor tak hanya kontraktor saja, tetapi client juga menjadi kompetitor. Ancamannya apabila tidak bisa memelihara client maka client akan lari.

Marketing
Marketing --->  tujuannya memberi tahu kepada masyarakat ataupun calon-calon client seberapa bagus produk yang akan dijual dan bahkan mampu merubah presepsi dari si calon pembeli tersebut yang awalnya tidak butuh menjadi ingin membeli.
Tugas seorang marketer:
·         Menjelaskan apa yang dijual
·         Menyakinkan produk tersebut di transfer dan di bayar.
Menurut beberapa pendapat ahli mengenai marketing:
“Pada tingkat dasar, marketing adalah cara memahami calon customer, dan membangun hubungan dan memeliha hubungan dengan mereka” (marketing inside group)
“Sasaran dari marketing adalah memahami customer dengan baik, sehingga barang tersebut cocok dengan dirinya” (Peter F Drucer).
Sales: adalah perubahan nilai ekonomi dalam 1 entitas


Marketing Research
“Go to where the market is going, Not where it has been RMM  (rearview mirror marketing) faktor”. Artinya melakukan market research adalah untuk melihat ke depan.
·         Marketing research menghubungkan calon customer dengan pemasar melalui pertukaran informasi.
·         Marketing research digunakan  untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan kesempatan pemasaran (menciptakan market).
Doing Marketing Research
Research dapat dilakukan secara quantitatif berupa data-data analisis, dan juga kualitatif berupa opini oriented.
·         Primary Research
Yaitu melakukan sendiri researchnya. Melalui divisi yang ada di perusahaan, atau minta bantuan melalui universitas.
·         Secondary Research
Meminta bantuan pada pihak lain lain researchnya. Contoh: data dari bps (melihat trend berapa banyak industri konstruksi kalau di bagi berdasarkan resedential, building dan infrastruktur lain, lihat di wilayah tertentu, berapa  banyak saingannya dapat ditanyakan pada LPJK berapa banjak kontraktor yang mendirikan BUJK di daerah tersebut, dan pa klasifikasinya).

Primary Research
Secondary Research
Kelebihan
Kekurangan
Kelebihan
Kekurangan
Keandalannya tinggi
mahal
Biaya murah
Tidak spesifik
Informasi milik sendiri
Butuh waktu lama
Sudah tersedia
Telalu general
Fokus
Butuh pengalaman dan skill
Sudah tersedia
Berpotensi salah
Pasarnya spesifik
Butuh konsultan
Fokus
Terlalu banyak data
Membangun citra perusahaan

Issu Specific
Variable bisa berubah





Mengukur Keberhasilan Marketing Research
Marketing adalah jendela perusahaan.
·         Hit Rate (mengukur tingkat keberhasilan pemasaran)
Contoh:
Total market = projects won + projects lost
Menang = 5 kali
Total project yang di bid = 20.
Hit rate = 5/20 = 25%
·         Market Share
Total penjualan yang diukur berdasarkan ukuran dan daerah.
·         Customer Satisfaction
Rating secara keseluruhan yang client rasakan dengan perusahaan. Diukur dari adanya repeat order. Merupakan faktor penting untuk merefleksikan long term sustainable client. Faktor penting untuk memperluas market yaitu dari referal reputation.


Marketing in Company Strategic Planning

Menggunakan SWOT Analysis:
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Marketing Business Plan
Marketing Segment Analysis:
·         Pengalaman dan Rekam jejak performa
·         Trend Pasar (apa perkembangannya di awal, atau sudah mature)
·         Client Analysis (Siapa yang beli? siapa yang mau membayar? Apa yang client butuhkan?)
·         Competitive Analysis (Siapa kompetitor?)
·         Networking/Affiliation (Perusahaan apa saja yang terlibat, siapa saja supplier yang membackup usaha tersebut)



Marketing Strategy

Market-Driven Marketing
Client-Driven Marketing

Response to one market segmen. Melihat dari pasarnyanya, sifatnya umum.
Focused on client
Structure
Staff to specialized area
Staff and structure is formed to meet individual client’s need
Research
Focused on market trends
Focused on client’s business
Client Viability
Limited research in specific client
In depth research in each client. Focused kepada client maunya apa
Networking with client
Mostly from trade association/ organization in specialized market
Commonly unique for each client
Database
Basic client information, depth of market information
Excentive client information, including market information.
Penetration
Market penetration though tailor services
Client penetration through specialized approach, customized research
Marketing Costs
Cost saving from volume
High one to one to each client marketing cost
Value Pricing
Opportunity to sell specialization, quality and service
Opportunity to sell continuous relathionship, speed, services.
Value Delivery
Possible new form of alliance (DB, TK)
Knowloedge about the client’s organization and operation.
Value Services
Knowledge about the market segment allow for transferable service to other client
Knowledge about the client enable for better services for client’s future needs

Marketing Tool
·         Direct promotion ---> one to one meeting
·         Showcase/trade show
·         Public Advertisement
·         Yellow Pages
·         Company sponsorship
·         TV/Radio Broadcasting
·         Banner  --> internet
·         Website
Marketing Tool – Digital Era
1.        Content Marketing
2.       SEO
3.       Engaging Website
4.      Email Marketing
5.       Sosmed
6.       PPC

Marketing – Production
Substansial marketer adalah: orang yang terlibat hand to hand dengan client. Dari awal memasarkan product hingga product itu di deliver kepada client. Contract merupakan overlaping marketing dan production. Marketing di akhir process harus meyakinkan bahwa product yang di deliver sesuali dengan yang dijanjikan di awal.

Construction Market Research
Market Research for Business Planning
Market Information
tau keunggulan product dibanding competitor lain.
Market Sementasi
Market Trends
Apakah pasar yang dimasuki trendnya di posisi mana.
Positiong
Menempatkan posisi dimana, pasar publik atau privat.
Marketing Mix
Mencampurkan berbagai aspek dalam pemasaran.
1.        Product (apakah sudah ada demand?, ada saingan? Bagaimana memenangkan persaingan, atau create demand)
2.       Price (Ada barang dan ada harga)
3.       Promotion (Jenis marketeing apa yang cocok, marketing yang bisa melewati batas spasial dsb, contohnya penggunaan BIM dan virtual reality sebagai alat promosi pada calon clients)
4.      Place
Image result for Marketing Mix
Market Research
Macro Environment
·         Economy
·         Government
·         Laws
·         Technology
·         Ecology
Consumer Analysis or Marketing Research
·         Nature of buying decision
·         Potential buyers
·         Motivation and expectation
·         Demographics
·         Loyalty segments
Market Analysis dan Competitor Analysis
·         Market definition
·         Market Size
·         Market Segmentation
·         Industry Structure
·         Supply Chain
·         Competition and Market Share
·         Competitors strength and weaknesses
·         Market trend

Developing Marketing Stretegy
1.        Identify Your Goal : apa yang ingin bisnis Anda capai dalam jangka pendek dan panjang. Ini mungkin termasuk angka penjualan spesifik tetapi juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti meningkatkan branding dan kehadiran Anda di media sosial
2.       Market research and identifying your customers : Pelajari sebanyak mungkin tentang target pelanggan Anda. Siapa mereka dan apa yang mereka inginkan dan butuhkan?.
3.       Competitor analysis : apa yang dilakukan pesaing Anda dalam hal pemasaran? Produk apa yang mereka jual dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pelanggan mereka?.
4.      Identify your unique selling proposition : apa yang Anda lakukan yang membuat Anda menjadi pilihan yang lebih baik daripada pesan merek Anda.
5.       Choose your marketing channels: Sebagian besar bisnis memilih perpaduan strategi online dan offline. Sekali lagi ini adalah untuk memahami audiens Anda - di mana mereka menghabiskan waktu mereka? Platform apa yang cenderung lebih mereka percayai?.

6 Steps of Construction Marketing Plan

Step


1
Determine Objective
Increase market share or profit growth
2
Perform SWOT Analysis
a.   A result you want to achieve
b.   An anaysis of areas that you see as potetial avenues for new markets or strenghtening current markets.
3
Analyse Current Market
Where is your position in the market ? What is your strength?
4
Create Marketing Budget
For what and how much
5
Develop Strategy
Marketing mix
6
Monitor Result
Monitor revenue, share

No comments:

Post a Comment